Wednesday 31 October 2012

Jangan Sepelekan

Berkaca pada peristiwa di Lampung yakni bentrok antar 2 kampung di Kalianda kita dapat mengambil pelajaran tentang menyepelekan masalah. Di awal peristiwa Lampung ini kebanyakan orang menganggap itu adalah masalah biasa yang nantinya reda sendiri, tidak terbayang sampai hari ini Rabu 31 Oktober 2012 sudah 12 orang meninggal dunia dan ribuan mengungsi karena bentrok tersebut.

Kecenderungan orang Indonesia adalah REAKTIF terhadap masalah-masalah yang ada, menunggua meledak baru di tangani, akibatnya berapa banyak kerugian jiwa dan harta harus ditanggung. Jika saja masalah-masalah yang ada dihadapi dengan ANTISIPATIF maka kerugian-kerugian yang ada bisa diminimalisir. Inilah Pekerjaan Rumah kita bersama, sebab peristiwa seperti ini bukanlah yang pertama kali terjadi di Indonesia, seharusnya pihak berwenang sudah bisa meng-antisipasinya.

Dalam terminologi agama Islam, dosa-dosa kecil saja jangan dianggap remeh, karena hal itu akan menjadi akumulasi yang menyebabkan kotornya hati, jika hati sudah kotor maka perlu ‘treatmen’ yang berat dan butuh kesabaran untuk kembali membersihkannya sehingga dapat kembali dengan mudah menangkap sinyal-sinyal Ilahi (Kesadaran/Insyaf). Begitu pula masalah-masalah yang timbul di dalam masyarakat jangan dibiarkan tak tertangani sebab hal itu akan menjadi bom waktu yang kapan saja bisa meledak.

No comments:

Post a Comment