Sunday 25 December 2011

Bacaan Amin

Setiap selesai membaca surat Al-Fatihah kita terbiasa membaca amin, begitu pula saat berdo’a atau dido’akan oleh seseorang kita akan berucap “amin”. Sekarang mari kita coba bahas tentang “amin” ini, khususnya pada saat shalat.
Amin adalah do’a agar Allah mengabulkan semua permohonan kita, namun kata “amin” bukanlah berasal dari Al-Qur’an, dan mulai dipergunakan semenjak zaman Nabi Musa dan Harun ‘alaihimassalaam.
Walau tidak terdapat dalam Al-Qur’an namun bacaan “Amin” disunnahkan berdasarkan Hadits yang diriwayatkan oleh Imam Malik dan perawi lainnya bersumber dari sahabat Abu Huroiroh r.a bahwa Rasulullah saw bersabda :” Jika imam (shalat) membaca amin maka bacalah oleh kalian amin, karena sesungguhnya siapa yang membaca amin bersamaan dengan bacaan aminnya malaikat, maka akan diampuni dosa-dosanya yan terdahulu.”
Adapun Pendapat para Ulama tentang bacaan amin saat shalat ada 2  :
1.      Menurut Madzhab Maliki dan Hanafi : membacanya dengan pelan adalah lebih utama, karena amin adalah do’a sementara Allah berfirman : “Berdoalah kepada Tuhanmu dengan berendah diri dan suara yang lembut. Sesungguhnya Allah tidak menyukai orang-orang yang melampaui batas. (QS Al-A’raf (7):55). Sementara Ibnu Mas’ud r.a berkata : ada 4 hal yang dibaca pelan oleh imam : Ta’awwudz, basmalah, amin dan tahmid (Robbanaa lakal hamd).

2.      Menurut Madzhab Syafi’I dan Hambali : Membaca amin secara pelan di saat shalat sirr (dzuhur & Ashar) dan dibaca jelas disaat shalat jahr (subuh, maghrib & Isya) dan makmum membaca amin berbarengan dengan bacaan amin-nya imam, hal ini berdasarkan hadits : “” Jika imam (shalat) membaca amin maka bacalah oleh kalian amin…” (HR Malik) dan juga apa yang diriwayatkan oleh Abu Huroiroh r.a, bahwa Rasul saw ketika membaca ghoiril maghdhuubi ‘alaihim waladhdhoolliin beliau saw mengucapkan amin sehingga terdengar oleh orang yang ada di shaff (barisan) awal. (HR Abu Dawud & Ibnu Majah).
Zulkarnain Abdul Halim, sumber Tafsir Al-Muniir – Syeikh Zuhaili.

No comments:

Post a Comment