Thursday 3 March 2011

Menjaga Hati dan Fisik

Orang-orang yang berkecimpung dalam dunia dakwah (dengan berbagai macam cara & bentuknya) sebagai jalan hidup (way of life) akan menghadapi kondisi hati & fisik yang fluktuatif (naik turun).

Untuk hati dikarenakan berbagai macam sifat dan karakter orang-orang yang dihadapi membutuhkan stok kelapangan hati yang sangat banyak, sebab jika tidak akan muncul penyakit hati seperti meremehkan, tidak ikhlas, sombong dsb.
Sementara untuk fisik dengan ritme hidup yang begitu padat, cenderung kurang istirahat maka fisik akan terus di "eksploitasi" (dalam hal positif) sehingga butuh perawatan yang baik agar tidak drop dan mengakibatkan sakit.

Prinsipnya sama, anatara hati dan fisik perlu perawatan berjangka agar tidak cepat rusak dengan berbagai macam penyakit, sama seperti mesin yang jika tidak dirawat dengan teratur maka akan cepat rusak atau mudah rusak. Perawatan hati yakni diantaranya dengan stel kembali niat (di toto niate) hingga tidak melenceng kemana-mana, perbanyak memberi (apapun bentuknya) pada orang lain, tawaddhu (lw profile). Sedangkan perawatan fisik diantaranya sempatkan istirahat, olahraga (rutin walau sebentar), makan makanan yang bergizi (walaupun gratisan / ra sa bayar).

Insya Allah jika hati dan fisik selalu terjaga, seluruh aktifitas akan menjadi lancar tanpa hambatan dan yang lebih penting selalu mendapatkan ridho dari Allah SWT.

Ciledug, 3 Maret 2011, 03:19 WIB.
Zulkarnain Abdul Halim

No comments:

Post a Comment