Thursday 5 January 2017

Perpanjang SIM C, mudah & cepat.

Tanggal 11 Januari  2017 nanti masa berlaku SIM C saya akan berakhir, waktunya untuk perpanjang, tinggal ada 7 hari lagi kesempatan untuk memperpanjang, maka pagi ini 5 Januari 2017 saya niat untuk perpanjang. Sebab aturan saat ini telat satu hari saja maka prosesnya harus ke Polres Tangerang yang jaraknya lumayan jauh dari rumah, sementara kalau hanya perpanjang bisa di Mobil Keliling. Kebetulan hari Kamis jadwal Pelayanan Mobil Keliling di Pos Polisi Pinang Tangerang, dekat Pasar Bengkok, jadi pagi-pagi sekali saya ke sana dengan harapan dapat nomor antrian awal agar bisa selesai lebih cepat, informasinya pelayanan di mulai dari jam 8 pagi.

Dari rumah jam 6.25 sampai lokasi jam 6.30, sepi sekali, di parkiran motor saya lihat hanya ada 2 motor yang terparkir (kepagian kali ya), di depan Pos Pol sudah ada petugas yang menyapa, kemudian saya ungkapkan maksud dan tujuan saya, petugas itu pun (saya tidak tahu namanya) minta SIM C asli saya & fotocopy KTP 1 lembar, langsung saya diarahkan masuk ke dalam mobil (ternyata langsung proses), saya dipersilahkan duduk kemudian si petugas tersebut mengisi formulir data sesuai SIM C lama & KTP saya sambil sesekali memastikan data-data yang tertulis, kemudian saya tanda tangan di formulir tersebut.

Di atas meja petugas tersebut ada tulisan-tulisan angka yang disekelilingnya ada titik-titik, saya disuruh membacanya, Alhamdulillah penglihatan saya masih bagus jadi lancar bacanya (Tes Kesehatan Mata). Setelah itu saya diminta biaya Perpanjang SIM C sebesar Rp. 135.000,-.
Kemudian saya di arahkan ke meja sebelahnya yakni meja untuk Foto, Sidik Jari & Tanda Tangan Digital, selesai itu nunggu sebentar....dan akhirnya SIM C baru saya sudah jadi, saya lihat di Hp jam 6.35 artinya prosesnya hanya 5 menit saja.

Proses perpanjangan SIM C yang awalnya saya perkirakan banyak memakan waktu, nyatanya cuma sebentar saja. Kuncinya adalah Datang Pagi-pagi.
(Sayang dalam tulisan ini saya tidak melampirkan foto-foto, saking cepatnya proses jadi gak sempat foto, cuma foto SIM yg sudah jadi)

No comments:

Post a Comment